by

DPD RI Akui Konsep Bupati Spei Yan Bidana Usulkan Pemekaran DOB

DPD RI Terima Usulan Tiga DOB di Pegunungan Bintang

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang di Provinsi Papua Pegunungan resmi mengusulkan tiga daerah otonom baru ke Pemerintah Pusat untuk dimekarkan. Tiga daerah baru tersebut antara lain, usulan Kabupaten Ketengban, Okmin Papua dan Okmin Papua Selatan.

“Kami mengusulkan tiga DOB ini agar mempercepat pembangunan di wilayah ini karena Pegunungan Bintang memiliki wilayah yang sangat luas dan untuk membangunnya hanya bisa dipercepat dengan pembentukan DOB baru”, ungkap Bupati Spei Yan Bidana saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bersama Komite I DPD RI di Senayan pada 11 April 2023.

banner 336x280

Dalam rapat dengar pendapat yang dipimpin Ketua Komite I DPD RI, Filep Wamafma saat itu, seluruh dokumen usulan pemekaran diserahkan langsung Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang. Kajian akademis dan pertimbangan aspirasi rakyat langsung direspon baik untuk dipertimbangkan pemerintah Pusat melalui aspirasi yang sudah disampaikan kepada Lembaga Dewan Perwakilan Daerah.

Penyerahan Dokumen DOB oleh Bupati Spei Yan Bidana kepada Ketua Komite I DPD RI, Filep Wamafma.

Ketua Komite I DPD RI, Filep Wamafma dalam RDP itu mengatakan, usulan yang disampaikan Bupati Spei dan Ketua DPRD ini sangat baik karena memiliki landasan yang kuat antara lain telah ada kajian akademis dan pertimbangan politik dari rakyat yang memang menghendaki DOB baru di Pegunungan Bintang.

“Saya memberi apresiasi kepada Pak Bupati karena beliau tipe pemimpin masa depan di tanah Papua yang punya gagasan dan inovasi yang bagus untuk membangun daerah, ini akan sangat bagus untuk DOB yang baru”, ungkap Filep Wamafma.

Filep menambahkan, apa yang disampaikan Bupati tersebut berbeda dengan usulan daerah lain dan hal tersebut patut menjadi pertimbangan pemerintah Pusat.

“Sebagai Pimpinan Komite I yang memiliki kewenangan secara konstitusi untuk mengawal DOB, kita minta agar Presiden merespon ini agar mempercepat pembangunan di tanah Papua”, ungkap Filep.

Pada sisi lain, dalam pandangan Bupati Spei Yan Bidana di Komite I tersebut, Ketua Komite I, Filep Wamafma juga terkagum karena mendengar salah satu gebrakan besar Bupati Spei yang telah membangun Universitas Okmin di Kabupaten yang berada di wilayah pegunungan itu.

“Saya bangga dan suka karena Pak Bupati ini inovasinya bagus untuk daerah. Membangun perguruan tinggi itu menjadi modal karena SDM sangat menentukan suatu pembangunan. Ini juga baik kalau untuk DOB yang diusulkan nanti sehingga SDM siap untuk membangun daerah dengan potensi yang dimiliki Papua”, ungkap Filep saat itu. (*)

banner 336x280

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *