by

Cerita Tentang Nahkoda dan Mengendalikan Kemudi

Oleh. Freni Lutruntuhluy, S.Pd*)

Artikel ini saya tulis dalam sebuah perjalanan dari Pelabuhan Moa ke Surabaya. Terinspirasi dari cerita-cerita lepas dengan anak buah kapal (ABK) dan Kapten (Nahkoda) KM. Mitra Papua, M. Ali. M. Taher tentang suka mereka sebagai pelaut Indonesia.

banner 336x280

Pada pagi itu senin 1 April 2024, sekitar pukul 07:00 diatas anjungan bagian belakang dengan posisi kapal berada di perairan utara pulau Alor, saya mencoba menerka filosofi kepemimpinan dari sebuah kerangka kerja perjalanan kapal, suka, duka dan bagaimana mereka bisa sampai di garis finis atau tujuan. Pembagian tugas-tugas, anjungan, haluan, buritan, dan engine room siap kapal olah berak berlayar.

Ali. M. Taher, seorang Nahkoda Kapal yang berpengalaman mengatakan kepada saya kalau dirinya tidak harus memegang kemudi, kecuali dalam keadaan tertentu saja. Ada juru mudi yang mengendalikan kapal. Ia hanya memeberi petunjuk atau arah perjalanan kapal. Saya kemudian melihatnya dalam cara pandang kita tentang bagaimana memimpin (maksudnya bukan di kapal), tetapi sebagai pemimpin bagi rakyat kita. Yang menarik, Nahkoda kapal itu adalah pilihan.

Sesuai Undang-Undang No. 17 tahun 2008, yang dimaksud Anak Buah Kapal adalah Awak Kapal Selain Nahkoda. Ini artinya Nahkoda itu adalah orang pilihan. Sesekali bisa diganti dan memang dihargai dengan bayaran yang tergolong mahal.

Secara umum, orang memahami nakhoda ialah orang yang memimpin kapal. Anak buah kapal adalah mereka yang terdapat pada daftar anak buah kapal (monsterrol). Perwira kapal adalah anak buah kapal yang oleh daftar anak buah kapal diberi pangkat perwira.

Nakhoda merupakan pemimpin di atas kapal yang bertanggung jawab penuh atas keselamatan kapal, penumpang, dan barang muatan selama proses pelayaran dari pelabuhan pemuatan sampai di pelabuhan tujuan.

Saudara dan saudari, saya mencoba mengambil hikmah dalam perjalanan ini dan berbicara tentang kepemimpinan, sama seperti dalam kekristenan Yesus adalah Gembala Baik yang sempurna.

Sama seperti nahkoda kapal, dapat disimpulkan seperti Yesus sebagai gembala yang baik karena memberikan perlindungan sehingga orang percaya merasa aman juga membimbing orang percaya dalam tujuan ilahi-Nya. Demikian hal itupun dilakukan seorang Nahkoda kapal seperti Yesus peduli terhadap orang percaya, merasa diperhatikan, dirawat, dan, disayang.

 

Freni Lutruntuhluy, S.Pd

Apa artinya Tuhan sebagai gembala?

Allah adalah gembala yang memberikan kepastian untuk tinggal bersama domba – domba-Nya. Gembala sidang sama seperti anak buah kapal memiliki tugas memimpin jemaat dengan keteladanan dalam kehidupan, memperhatikan kebutuhan jasmani dan rohani jemaat.

Apa arti gembala yang baik?, menurut Injil Yohanes 10: 1-11 berbicara Gembala yang baik adalah gembala yang mampu menjaga, mengayomi, dan melindungi domba-dombanya. Sejalan dengan apa yang dikatakan dan diharapkan oleh Yesus, kita semua adalah gembala.

Semua saudaraku, filosofi kepemimpinan yang saya angkat dari pekerjaan sebagai Nahkoda Kapal diimplementasikan dalam bukti  nyata sebagai seorang pemimpin disini adalah bagaimana kita memiliki Iman, Pengharapan dan Kasih dalam setiap langkah hidup kita sebagai manusia biasa atau sebagai seorang pemimpin rakyat.

Ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah KASIH.

[Saya selalu melakukan logika terbalik dari semua hal yang saya lihat tentang Memimpin. Kalau saja kita memahami menjadi pemimpin itu harus selalu didepan, barangkali saya lebih setuju ada di paling belakang, dengan tujuan agar tidak ada satupun yang tertinggal dalam sebuah perjalanan. Demikian halnya Yesus sebagai orang pengembala berada di belakang dan mengerahkan semua domba sampai ke tujuan. Maksud saya disini adalah Pemimpin berperan mengendalikan situasi dan biarkan system kerja berjalan]

Sama seperti dalam perjalanan Kapal, bukanlah soal Nahkoda atau ABK semata, tetapi semua system bekerja baik, terutama Kemudi kapal (Iman) yang bisa mengarahkan arah perjalan sampai ke tujuan.

Sekian!

 

banner 336x280

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *