by

Ini Lompatan Kemajuan Pegunungan Bintang Ditangan Bupati Spei Yan Bidana

OKSIBIL, OKMINTV.COM – Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana melakukan berbagai gebrakan besar membangun Pegunungan Bintang daerah batas NKRI-PNG itu dengan terobosan yang terbilang cepat. Ini lompatan Pembangunan yang cepat meskipun hanya baru 3 tahun memimpin di daerah itu.

Di Hari Ulang Tahun Kabupaten yang ke 21 pada 12 april lalu Ia mengatakan, Usia ke 21 ini daerah mengalami lompatan kemajuan yang signifikan jika dibandingkan kabupaten lain di Papua yang seusia Pegunungan Bintang. Terbilang cepat.

banner 336x280

Paling nyata dari sisi proteksi dan peningkatan kualitas SDM Sejak kepemimpinan dirinya mengambil kebijakan mengalokasikan APBD yang besar untuk biaya anak-anak putra daerah untuk kuliah dan sekolah.

Di daerah pesisir mana, kata Bupati ada yang bisa lakukan seperti itu?. kata Bupati dalam sambutannya saat acara ramah tamah di perayaan misa HUT ke 21 di halaman Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Mabilabol.

Dikutip dari situs papuabangkit.com, Menurut Bupati Spei Bidana, dimasa kepemimpinannya, ia memberi perhatian besar terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan. Selain membuat gebrakan dengan mendirikan Universitas Okmin Papua pada 17 Agustus 2021, pihaknya juga menyiapkan anggaran pada APBD 2022 mencapai Rp 30 miliar untuk membiayai kuliah dan sekolah bagi ribuan mahasiswa dan pelajar yang menjalani studi, baik di Papua maupun luar Papua.

Anggaran ini menurutnya, bersumber dari Dana Otonomi Khusus sebesar Rp 20 miliar dan Rp 10 miliar dari Dana Alokasi Umum. Bahkan, kata Spei, di tahun 2024 ini pihaknya telah menyiapkan dana Otsus sebesar Rp 40 miliar di luar dana Pendidikan.

Kita pakai biayai 4 ribu mahasiswa di Papua dan di luar Papua  sekitar 6 ribu mahasiswa. Ini benar-benar kita ingin agar ke depan anak-anak kita maju, setelah kuliah pulang bangun daerahnya,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Spei juga mengaku sedikit kecewa karena ada sejumlah mahasiswa yang sudah dikirim Pemda untuk studi di luar Papua, namun pulang sebelum selesai. Ironisnya, malah balik menyalahkan Pemda.

Selain mengirim ribuan mahasiswa studi di luar Pegubin, Spei Bidana juga melakukan gebrakan dengan mendirikan Universitas Okmin Papua (UOP) sejak 17 Agustus 2021. Sementara itu, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kerja nyata Spei Bidana selama tiga tahun ini pun menorehkan citra baik.

Terbukti dengan mulai beroperasinya PLTMH Kalomdol untuk memasok Listrik 24 jam bagi Oksibil dan sekitarnya sejak 1 Maret 2024, diresmikannya Jembatan Sungai Digul 1 yang menghubungan Oksibil dan Iwur hingga ke wilayah Selatan, pembangunan perumahan dan sejumlah jalan raya penghubung, peningkatan bandara perintis di sejumlah distrik, dan penyediaan air minum.

Sumber: Okmin TV – Papua Bangkit

banner 336x280

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending