by

Pegunungan Bintang Raih TKD Award Terbaik Pertama Tingkat Papua Pegunungan

Okmin TV – Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, kembali meraih prestasi membanggakan di bidang pengelolaan keuangan daerah.

Sesudah meraih penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2022 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI dan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, kini kabupaten yang dipimpin Bupati Spei Yan Bidana itu kembali diganjar penghargaan sebagai daerah dengan kinerja terbaik pertama dalam penyaluran Transfer Ke Daerah Semester I Tahun 2023 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

banner 336x280

Dikutip dari Papuabangkit.com, Penghargaan bertajuk TKD Award itu diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Moudy Hermawan kepada Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pegubin, Jeni Linthin, pada Jumat, 28 Juli 2023 lalu di Kota Jayapura.

Menurut Moudy Hermawan, penganugerahan TKD Awards ini sebagai bentuk penghargaan, apresiasi atas kinerja Penyaluran Dana Transfer ke Daerah, prestasi serta kontribusi luar biasa dari pemerintah daerah dan KPPN lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua dalam mewujudkan pembangunan yang berdampak positif bagi kemajuan Papua.

Nonton Video Menarik lainnya?

Ia menjelaskan, untuk Provinsi Papua, kinerja penyaluran Transfer Ke Daerah terbaik diraih ileh Biak Numfor, disusul Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura; Provinsi Papua Tengah diraih Provinsi Papua Tengah sendiri, disusul Paniai dan Intan Jaya, dan Provinsi Papua Selatan diraih Asmat, disusul Provinsi Papua Selatan dan Merauke.

Sementara itu, kinerja penyaluran Transfer Ke Daerah terbaik lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua diraih Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Nabire, disusul Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Jayapura dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Timika

Kepala BPKAD Pegunungan Bintang Jeni Linthin mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan dan semua pihak yang telah bekerja keras membenahi sistem pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Pegubin sehingga bisa meraih prestasi ini.

Sebelumnya, Kabupaten Pegunungan Bintang juga berhasil meraih WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Hasil Opini WTP ini diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Dr. Martuama Saragi, kepada Ketua DPRD Pegubin Denius T. Uopmabin, disaksiksan Bupati Spei Yan Bidana, di aula kantor BPK RI Perwakilan Papua Jl. Balaikota No. 2, Entrop, Selasa, 18 Juli 2023 lalu.

Bupati Spei Yan Bidana ketika itu, mengaku bersyukur karena berkat kerja keras dari tim anggaran dan dinas teknis, Pemda Pegunungan Bintang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI.

Selain WTP ini, pada 20 Juni 2023 lalu, Kabupaten Pegunungan Bintang juga sukses meraih dua penghargaan bergengsi dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI yakni Penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik Tahun 2022 dan Penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan Dana Desa Tahun 2022.

Tiga prestasi lewat torehan penghargaan yang diraih Pemda Pegunungan Bintang ini merupakan sebuah capaian kinerja membangggakan yang patut diapresisi semua pihak. Sebab baru di tahun kedua kepemimpinannya, Bupati Spei Yan Bidana mampu menata dan mengelola keuangan daerah.

Editorial Okmin TV; Gusty Masan Raya Melaporkan

 

banner 336x280

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *