by

Kemenag Dukung Pusat Pendidikan Agama Katolik Pegunungan Bintang

JAKARTA, okmintv.com – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia khususnya Ditjen Bimas Katolik mendukung adanya rencana pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) untuk membangun pusat Pendidikan agama Katolik dari jenjang Pendikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai tingkat atas. Demikian hal itu disampaikan Direktur Bimas Katolik, Dr. Salman Habeahan, S.Ag, MM saat menerima kunjungan Bupati Pegubin, Spei Yan Bidana dan Rektor Universitas Okmin Papua, Pastor Dr. Yohanes Kore, S.Ag,MA, pada selasa, (22/04/24).

Pertemuan Bupati Spei Yan Bidana dan Pihak Ditjen Bimas Katolik pada senin (22/04/2024)

“Pada prinsipnya pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama akan memberi perhatian kepada Pegunungan Bintang karena selain sebagai daerah mayoritas Katolik, tetapi juga penting sekali karena sebagai daerah batas yang harus diperhatikan”, ungkap Dr. Salman Habeahan.

banner 336x280

Bupati Pegubin, Spei Yan Bidana dalam pertemuan tersebut menyampaikan kalau pemerintah daerah siap menyediakan lahan untuk dibangun pusat Pendidikan agama Katolik. Hanya saja Bupati berharap niat ini benar-benar direspon pemerintah pusat.

“Kami siapkan lahan untuk dibangun pusat Pendidikan itu. Semoga ini bisa ditanggapi”, ungkap Bupati Spei yang dikenal sebagai salah satu politisi PDIP di Papua yang paling konsen soal Pendidikan itu.

Rektor UOP, Pastor Dr. Yohanes Kore menyampaikan, untuk mendukung pusat Pendidikan yang diinginkan bupati Spei, pihaknya akan focus untuk ikut memberikan perhatian karena Kampus Okmin juga menginginkan adanya SDM Pegubin yang secara berjenjang diperhatikan sehingga kedepan dapat berkontribusi terhadap Pembangunan daerah.

“Kami sebagai daerah batas negara dengan PNG, memiliki visi besar menjadikan universitas ini sebagai kampus internasional karena berdekatan dengan Papua Nugini. Kami juga berharap rencana Bupati Spei ini segera terwujud sehingga jenjang Pendidikan bisa terarah sesuai kebutuhan rakyat dan umat di Pegubin”, ungkap Rektor.

Menanggapi rencana besar ini, Sekretaris Ditjen Bimas Katolik, Albertus Triatmojo mengatakan, memang sangat tepat jika ada pusat Pendidikan agama katolik di Pegubin karena wilayah strategis pegunungan dengan mayoritas umat Katolik. Ia juga ikut menyetujui jika kedepannya pemerintah pusat memberi status Universitas Okmin sebagai salah satu kampus negeri Katolik karena belum ada di Provinsi Papua pegunungan. Ini sekalius sebagai kesempatan mempercepat Pembangunan SDM Papua di wilayah Timur Papua itu.

Staf Khusus Bupati, Gabriel Goa menyampaikan saat ini adalah kesempatan pemerintah mempercepat Pembangunan SDM Pegunungan Bintang dengan adanya pusat Pendidikan agama Katolik dan Universitas Okmin.

“Semua ini sebagai investasi jangka Panjang yang harus disiapkan karena kami berada di beranda NKRI yang menerima pelajar dan mahasiswa dari Papua Nugini”, ungkapnya. (tim-001)

banner 336x280

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *