by

LKPJ Bupati Sebut Tuntutan Kompetensi ASN Dalam Pelaksanaan Tugas

JAYAPURA, OKMINTV.COM – Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana menyebut dalam pelaksanaan tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten tersebut masih terkendala tuntutan komptensi ASN dalam menjalankan tugas. Demikian hal itu diungkapkan Bupati Spei dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) darah dalam rapat Paripurna Ke I di Jayapura pada 24 juli 2023.

Sebelum rapat pembukaan ini digelar, Sekretaris DPRD Pegubin, Esau Kaladana, SH membacakan mengenai kehadiran Anggota DPRD. Dimana dari total 25 anggota DPRD, tercatat 22 anggota yang hadir, dan 3 anggota yang tidak hadir dalam rapat itu.

banner 336x280

Menurut Ketua DPRD Pegunungan Bintang Denius T. Uopmabin, S.Hi,  dari realisasi anggaran Pendapatan sebesar satu koma lima puluh trilyun lebih dan realisasi anggaran belanja sebesar satu koma empat puluh tiga trilyun lebih, maka anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Pegunungan Bintang Tahun 2022 mengalami surplus anggaran sebesar tujuh puluh enam koma lima belas miliar lebih,” kata Denius.

Sementara itu, Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST,M.Si dalam  pidato pengantar LKPJ 2022 pada pembukaan Rapat Paripurna DPRD Pegubin itu, menyampaikan terima kasih kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Pegunungan Bintang, jajaran pemerintahan, forkompinda, para pelaku usaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, serta seluruh komponen masyarakat yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di wilayah itu. Kemajuan dan capaian pembangunan di berbagai bidang adalah kerja keras kita bersama.

Kendati demikian, berbagai kendala masih menjadi tantangan berat yang harus dihadapi. Salah satunya ialah kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang Tahun Anggaran 2022 yang mengalami aneka kendala, seperti tuntutan kompetensi dalam pelaksanaan tugas yang tidak sesuai dengan penempatan aparatur dalam jabatan, adanya keterbatasan anggaran dalam memenuhi usulan program dan kegiatan yang diusulkan oleh masyarakat pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan.

Selain itu, masih terjadi keterlambatan pelaksanaan proses pelelangan yang berakibat terhadap rendahnya penyerapan anggaran, dan sering adanya perubahan peraturan di tingkat pusat yang begitu cepat sehingga menyebabkan pemerintah daerah sulit untuk melaksanakan.

Usai pidato pengantar, Bupati Spei Bidana didampingi Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST menyerahkan dokumen LKPJ Bupati Pegubin Tahun Anggaran 2022 kepada Ketua DPRD Denius T. Uopmabin, S.Hi didamping Wakil Ketua I, Lester Apintamon, Amd,Sos.

Turut hadir dalam pembukaan rapat, Ketua Tim PKK Pegubin Ny. Susana Maria Apaseray, S.IP, Asisten I Setda Pegubin Nicolaus Uropmabin, S.IP,M.Si dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta staf, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan perempuan. Sesuai agenda, rapat paripurna ini akan ditutup pada Rabu, 26 Juli 2023.

Dari Jayapura, Kontributor Okmin TV Gusty Masan Raya Melaporkan Untuk Anda

banner 336x280

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *